PENGOBATAN AKUPUNTUR

PENGOBATAN DENGAN AKUPUNTUR SERTA MANFAATNYA

 

 

 

Terapi pengobatan akupuntur menggunakan jarum-jarum yang ditusukkan pada titik-titik yang tersebar di seluruh tubuh. Benarkah akupuntur bisa digunakan sebagai terapi untuk mengatasi penyakit?

Dalam akupuntur, terapis akan menargetkan beberapa titik khusus di tubuh. Ini didasarkan pada kepercayaan Tiongkok yang menyebutkan akan adanya aliran energi yang dikenal dengan sebutan Qi. Penyakit bisa muncul jika aliran Qi terhambat. Lewat penusukan di titik-titik tertentu, akupuntur bisa menjadi salah satu terapi untuk melancarkan aliran Qi sekaligus mengobati berbagai penyakit.

Kaitan Titik Akupuntur dengan Dampaknya kepada Kesehatan

Di tubuh tiap manusia dipercaya terdapat lebih dari 400 titik akupuntur yang jika distimulasi akan merespons organ atau bagian tubuh tertentu dan menimbulkan efek terapeutik. Contohnya, ada 21 titik akupuntur yang dipercaya memengaruhi organ limpa, 19 yang berkaitan dengan usus kecil, 67 titik yang memengaruhi kerja kandung kemih, dan 9 titik akupuntur pada jantung.

Titik-titik inilah yang ditargetkan oleh akupunturis selama sesi perawatan karena sakit dipercaya disebabkan oleh adanya aliran Qi yang terhalang. Namun ternyata keberadaan titik-titik akupuntur masih bersifat kontroversial karena belum adanya dukungan bukti yang kuat.

Berikut ini adalah beberapa keluhan yang diduga dapat ditangani melalui terapi akupuntur.

Terapi setelah stroke

Akupuntur bisa dijadikan terapi alternatif bagi pasien rehabilitasi setelah stroke, meski keefektifannya masih menjadi perdebatan. Stroke bisa mengakibatkan penderitanya mengalami kerusakan otak, menyebabkan sebagian dari mereka mengalami kesulitan bicara dan bergerak .

Anda bisa mencoba terapi akupuntur untuk stroke. Namun yang harus diingat, ini tetaplah terapi alternatif. Meski ada sebagian orang yang telah merasakan manfaatnya, belum ada bukti ilmiah kuat yang mendukung.

Mengatasi obesitas dengan diimbangi olahraga dan diet

Kombinasi dari program diet dan rutinitas olahraga dengan akupuntur bisa membantu proses penanganan obesitas. Stimulasi dari jarum akupuntur bertujuan merangsang produksi hormon tertentu, menurunkan level substansi pemicu lapar dan nafsu makan, serta mengurangi jumlah lipid atau lemak dalam aliran darah. Namun, keefektifan akupuntur dalam menangani berat tubuh berlebihan masih perlu diteliti lebih lanjut. Yang jelas, dalam menurunkan berat badan, akupuntur sendiri belum cukup. Diperlukan pola makan yang sehat dan disiplin dalam berolahraga secara teratur.

Terapi radang sendi

Penyakit arthritis atau radang sendi juga bisa diredakan melalui akupuntur. Namun di sini harus ditekankan bahwa akupuntur adalah terapi pelengkap dari perawatan medis yang Anda terima, maka hindari untuk menjadikan akupuntur sebagai satu-satunya acuan. Sakit lutut akibat osteoarthritis juga dikabarkan bisa diredakan dengan akupuntur. Sebagian orang telah merasakan hasilnya, terutama yang berhubungan dengan pemulihan rasa sakit dan kaku otot.

Anti Penuaan

Terapi akupuntur juga dikabarkan memiliki fungsi kosmetik, yaitu melawan penuaan dengan membantu mengurangi bercak dan kerutan pada wajah, serta mengangkat kelopak mata yang terkulai. Terapi ini dikenal dengan istilah akupuntur kosmetik. Keefektifan akupuntur dalam bidang kecantikan belum dibuktikan sepenuhnya dan masih perlu diteliti lebih lanjut.

 

Bagaimana Akupuntur Bekerja?

Akupuntur berusaha untuk melepaskan aliran energi vital tubuh atau “chi” dengan merangsang titik-titik di sepanjang 14 jalur energi. Para ilmuwan mengatakan jarum menyebabkan tubuh melepaskan endorfin, yaitu penghilang rasa sakit alami, dan dapat meningkatkan aliran darah dan mengubah aktivitas otak. Skeptis mengatakan akupuntur bekerja hanya karena orang percaya, efek yang disebut efek plasebo.

Apakah Akupuntur Menyakitkan?

Jarum akupuntur sangat tipis, dan kebanyakan orang tidak merasakan sakit atau sangat sedikit rasa sakit ketika jarum ditusukkan. Orang sering mengatakan bahwa mereka merasa lebih berenergi atau santai setelah perawatan. Namun demikian, jarum dapat menyebabkan nyeri sementara.

Dorongan untuk Obat Rasa Sakit

Akupuntur dapat memberikan penghilang rasa sakit ketika ia digunakan bersama dengan obat nyeri atau terapi lain, seperti pijat. Akupuntur dapat mengurangi kebutuhan akan obat-obatan dan dapat meningkatkan kualitas hidup orang yang memiliki nyeri kronis.

Akupuntur dan Pengobatan Kanker

Karena akupuntur bisa mengurangi rasa sakit, mual, dan muntah, kadang-kadang ia digunakan untuk membantu orang mengatasi gejala kanker atau kemoterapi. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu dan mencari seorang praktisi yang memiliki pengalaman bekerja dengan pasien kanker.

Akupuntur dan Kesuburan

Sebuah tinjauan penelitian medis mendukung pernyataan bahwa akupuntur dapat meningkatkan efektivitas perawatan kesuburan. Satu teori menyatakan bahwa akupuntur membantu dengan mengurangi stres dan meningkatkan aliran darah ke ovarium

KAMI dari KLINIK SYAFANA MEMBUKA PRAKTEK AKUPUNTUR, SESUAI JADWAL PADA HARI SABTU, MULAI PUKUL 14:00 - 19:00,

ATAU DAPAT MENGHUBUNGI KAMI DI NO KONTAK Telephon: 0853 5216 6896 (Ibu Ati)