ASAM URAT

ASAM URAT

 

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Apa Sajakah Gejala Awal Penyakit Asam Urat?

Gejala awal atau ciri-ciri penyakit asam urat yang biasanya muncul pada seseorang ini antara lain:

1.) Persendian terasa ngilu, nyeri, kesemutan, linu bahkan hingga sampai bengkah dan kemerahan dikarenakan asam urat sudah mulai meradang.
2.) Nyeri pada persendian yang terjadi pada pagi hari ketika bangun tidur atau pada malam hari bisa saja merupakan gejala asam urat.
3.) Nyeri pada persendian yang terjadi secara berulang-ulang.
4.) Nyeri terasa di persendian kaki, tangan, tumit, serta siku.
5.) Jika nyeri yang dirasakan sudah begitu sakit biasanya si penderita menjadi kesulitan untuk bergerak.

Untuk mengetahui lebih pasti tentang Gejala Penyakit Asam Urat, alangkah baiknya segera memeriksakan diri ke dokter atau tes laboratorium untuk mengukur kadar asam urat penderita. Normalnya, kadar asam urat untuk pria berkisar antara 3,5 hingga 7 mg/dl sedangkan kadar asam urat untuk wanita berkisar antara 2,6 hingga 6 mg/dl. Biasanya untuk penderita penyakit asam urat memiliki kecenderungan untuk memiliki penyakit lainnya seperti hipertensi, ginjal, dan juga diabetes jika tidak ditangani sesegera mungkin.

Apa Sajakah Penyebab Penyakit Asam Urat?

Asam urat disebabkan oleh adanya kristal asam urat yang menumpuk pada jaringan ikat, yaitu ruang yang berada antara dua tulang atau yang berada dalam tulang itu sendiri. Asam urat kemudian akan berkumpul dan mengkristal pada persendian yang selanjutnya mengakibatkan tanda-tanda dan gejala peradangan dan juga pembengkakan atau dalam istilah medisnya asam urat yang terlalu banyak pada aliran darah disebut juga dengan hyperuricemia. Adapun penyebab dari munculnya penyakit ini antara lain:

1.) Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin sehingga menyebabkan kandungan purin berubah menjadi asam urat ketika tubuh mengalami metabolisme.
2.) Kondisi ginjal yang tidak mampu membuang kelebihan asam urat dikarenakan terlalu banyaknya zat purin yang masuk ke dalam tubuh.
3.) Terlalu banyaknya kristal asam urat yang menumpuk di persendian sehingga hal ini menyebabkan nyeri, linu, membengkak, panas, kaku, serta meradang pada bagian persendian.

Untuk menghambat atau mencegah peradangan yang berlebihan pada persendian orang yang terkena penyakit asam urat, sebaiknya Anda mengikuti saran berikut ini:

1. Hindari makanan jeroan,
2. Hindari makan makanan laut,
3. Hindari makan makanan yang mengandung ekstrak daging seperti abon,
4. Hindari makan makanan yang sudah dikalengkan,
5. Hindari makan makanan yang berbahan daging, seperti daging sapi, kambing atau kuda,
6. Hindari makan makanan unggas, seperti bebek, ayam dan kalkun,
7. Hindari kacang-kacangan,
8. Hindari sayuran seperti kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya dan kangkung,
9. Hindari makan telur, keju, es krim, krim, kaldu atau kuah daging yang kental,
10. Hindari buah-buahan tertentu, seperti durian, air kelapa, dan nanas,
11. Hindari makan makanan yang kaya akan protein dan lemak,
12. Jangan meminum aspirin.