Gejala Dan Ciri Ciri Gejala Flek pada Paru - paru

Waspadai Gejala Flek Pada Paru - Paru Anda

 

Penyebab flek paru-paru yaitu dari serangan infeksi Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri berjenis ini merupakan salah satu bakteri yang menjadi penyebab flek paru-paru yang paling utama. Kuman ini biasanya berbentuk seperti batang yang mengelompok atau biasa di sebut dengan berkoloni.

 Kuman ini biasanya lebih sering menginfeksi pada bagian saluran pernafasan atau bagian paru-paru. Walau pun memang masih bisa menyerang bagian organ tubuh yang lain. Infeksi pada penyakit flek paru0paru ini juga masuk ke dalam organ tubuh yang bisa menyerang mereka yang belum mempunyai sistem kekebalan tubuh yang sempurna.

 

Penyebab Flek Paru Paru

Penyebab Flek Paru Paru

 

Nama lain dari penyakit ini yaitu TBC atau biasa kenal dalam dunia kedokteran Tubercles Bacillus, penyebaran dari penyebab flek paru-paru ini bisa menyerang siapa saja dan selain itu juga dari segi sistem organ pernafasan , penderita biasanya akan menularkan lewat bersin, batuk serta melewati hembusan udara yang masuk lewat hidung atau masuk lewat mulut .

 

Meskipun seseorang yang telah terinfeksi, orang tersebut tidak akan mampu menyebarkan bakteri TBC ke orang lain yang ada disekitarnya.Karena bakteri tersebut telah masuk di dalam tubuh penderita, ada kemungkinan bakteri tersebut akan berkembang menjadi penyakit TBC aktif. Keberadaan dari bakteri berbentuk batang yang terselubung inipun, hanya bisa diketahui bila kita melakukan tes kulit.

 

Kasus TBC pada anak Indonesia cukup banyak yaitu berkisar sekitar 20% dari seluruh kasus TBC di indonesia. Di perkirakan terdapat 583.000 kasus baru TBC pada setiap tahunnya info ini telah di selidiki Dinas Kesehatan RI. Di seluruh dunia, TBC dapat membunuh lebih dari 100.000 anak pada setiap tahunnya. Anak-anak juga termasuk golongan yang paling rentan menderita TBC berat , yang menyerang pada otak anak dan spinalis mendula.

 

Mungkin karena sulit terdeteksi, kasus TBC pada anak seringkali tidak di perhatikan oleh orang di sekitarnya. Anak penderita TBC yang datang ke rumah sakit umumnya sudah mengalami TBC yang berat, dan sudah menyerang ke selaput otak.

 

Penyebab Flek Paru-Paru Pada Anak

 

Penyebab Flek Paru-Paru Pada Anak

Penyebab Flek Paru-Paru Pada Anak

 

Untuk mencegah TBC pada anak, perlu di lakukan vaksinasi sejak bayi. Namun, apabila vaksinasi itu dilakukan ketika anak berusia sekitar 2-3 bulan maka harus di lakukan test Mantoux dahulu. Jika hasil dari test Mantoux itu negatif, baru boleh diberikan vaksinasi. Kalau si anak ternyata positif TBC dan kemudian diberikan vaksin BCG, hal itu justru akan memberatkan penyakitnya.

 

Lalu biasanya dokter juga akan melakukan suatu upaya untuk pengobatan yang tepat, walupun anak memang sudah mengalami infeksi penyakit TBC namun beukan berarti bahwa bakteri ini sudah berkembang untuk menjadi penyakit yang akut maupun penyakit yang sudah sangat parah.

 

Jika kalian ingin terhindar dari penyakit ini hindai kontak fisik langsung antara penderita dari penyakit flek paru-paru yang sedang menjalani pengobatan adalah merupakan salah satu cara yang paling aman agar anaknya bisa terhindar dari penyakit ini.

 

Berikut gejala dari flek paru-paru atau TBC:

 

1. Demam yang tinggi.

2. Batuk karena adanya iritasi pada bronkhus / batuk yang tidak ada hentinya selama lebih dari 3 minggu sepekan, nafsu makan yang mulai berkurang, berat badan semakin menyusut dan tubuhnya menjadi kurus.leher bagian samping seringkali teraba kelenjar getah bening.

3. Mengalami Sesak napas.

4. Nyeri di bagian dada yang akan timbul apabila infiltrasi radang sampai ke pleura sehingga menimbulkan pleuritis.

 

Demikian yang saya sampaikan mengenai penyebab penyakit flek paru-paru dan gejalanya. Bagi anda yang tidak ingin terserangi penyakit ini sebaiknya hindari makanan yang tidak sehat dan menjaga lingkungan serta badan, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi kalian.

Untuk Pengobatan, anda dapat juga melakukan pengobatan dengan Madu Flek TB Al Waliy, di http://www.syafanaalami.com/artikel/86-madu-flek-tb-al-waliy